Tips Sukses Membuat Bisnis Anda Go Online di Tengah Pandemi COVID-19

Tips Sukses Membuat Bisnis Anda Go Online di Tengah Pandemi COVID-19

ADANYA pandemi Covid-19 membuat dunia bisnis menghadapi tantangan serius. Meluasnya penularan virus Covid-19 membuat orang khawatir untuk keluar rumah. Bisnis konvensional yang mengandalkan pertemuan tatap muka seperti pasar dan mall mengalami berbagai permasalahan. Bahkan, beberapadaerahmenerapkanPembatasanSosialBerskalaBesar (PSBB).

ManfaatMembuatBisnis Go Online

Di tengah kondisi ini, banyak kalangan memberi saran kepada pelaku bisnis untuk membuat bisnis mereka go online. Memangnya apa sih manfaat bisnis go online? Yuk kita kenali manfaat membuat bisnis go online.

  1. Efektif

Salah satu ke unggulan bisnis online jika dibandingkan bisnis offline adalah sifatnya yang efektif. Jika Anda memiliki bisnis grosir baju di sebuah kota, Anda hanya bisa memaksimalkan penjualan sebatas di kota itu saja. Jika Anda memiliki toko online, Anda bisa memperluas pemasaran keberbagai daerah sekaligus dengan cepat.

  • Jangkauan Luas

Sebelum internet dikenal luas di Indonesia, kita berpikir bahwa ekspor barang adalah sesuatu yang rumit, melelahkan, dan hanya orang-orang tertentu yang bisa melakukannya. Tetapi setelah internet mulai dikenal luas, kegiatan ekspor bukanlah hal yang mustahil oleh orang biasa sekalipun.

Kini, ada platform jual-beli dengan lingkup internasional seperti Amazon, Alibaba, dan Etsy. Jadi, orang dari belahan dunia bisa melihat produk Anda. Persoalan selanjutnya adalah bagaimana Anda merayu calon customer dengan konten yang menarik dan keunggulan produk Anda.

  • LebihMurah

Bergelut dengan teknologi yang relatif baru memang butuh adaptasi. Tetapi, itu bukanlah kendala serius. Jika Anda ingin memperluas cakupan pasar, maka belajar pemasaran online adalah suatu keharusan. Pemasaran online memang butuh keahlian khusus, namun bukan berarti tidak bisa Anda pelajari.

Salah satu kegiatan pemasaran online yang perlu Anda lakukan adalah mengoperasikan website toko online sendiri. Membuat website toko online sendiri tentu jauh lebih murah dibanding membangun kios. Bahkan dengan uang di bawah Rp 1 juta pun Anda sudah bisa memiliki website resmi untuk bisnis lho. Selanjutnya, Anda tinggal belajar bagaimana mengelola website sendiri melalui berbagai sumber yang membagikan ilmu pemasaran online secara gratis.

  • TidakBerisiko

Adanya Covid-19 ini justru membuat jual-beli bertatap wajah memiliki risiko tertular. Dengan membuat bisnis go online, Anda turut membantu dalam mempersempit penyebaran Covid-19 karena jual-beli dapat dilakukan jarak jauh. Dengan menjalankan bisnis dari rumah, Anda bisa menjangkau pasar yang luas.

Website Sebagai Platform Bisnis Online

Website bisa dikembangkan menjadi website toko online di mana pengunjung dapat melakukan transaksi melalui website tersebut. Jika dikelola dengan baik, website toko online bisa lebih terpercaya dibandingkan produk di marketplace.

Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui setelah Anda memiliki website untuk bisnis. Anda harus mengelola website agar bisa tampil di mesin pencarian. Untuk itu, usahakan agar konsisten posting konten berkualitas. Anda perlu menulis produk sedetail mungkin agar konsumen Anda terbantu. Teknik SEO atau iklan berbayar bisa Anda terapkan untuk memasarkan produk Anda secara cepat.

Saat ini, membuat bisnis go online sangat dianjurkan. Salah satu cara untuk membuat bisnis go online, yaitu dengan memiliki website toko online sendiri. Jika Anda merasa awam mengenai website, tak perlu khawatir. Hal ini karena penyedia layanan hosting Indonesia seperti Niaga hoster siap membantu Anda.

Niaga hoster adalah sebuah perusahaan terkenal di Indonesia. Jika Anda memesan hosting dan domain dari penyedia web hosting ini, maka Anda akan diberikan fasilitas untuk membuat website dengan mudah. Web hosting di Niaga hoster didukung fitur Auto Install WordPress yang didesain untuk mempermudah pemula untuk memiliki website. Customer Service mereka siap bekerja dan melayani Anda selama 24 jam 7 hari. Apalagi, ada berbagai konten edukatif seputar optimasi website di blog Niaga hoster.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: